Program Studi Ekonomi Islam

Program Studi Ekonomi Islam

 

 

 

 

 

 

Ketua Program Studi Ekonomi Islam

Cupian, Ph.D

 

 

Program Studi Ekonomi Islam di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran merupakan Program Studi baru dan diselenggarakan berdasarkan Keputusan Menteri pendidikan dan Kebudayaan Nomor 309/E/O/2014 tanggal 12 Agustus 2014. Program Studi ini dilaksanakan pada jenjang sarjana (S1) dengan muatan sks sebanyak 145 sks dengan tiga konsentrasi yang ditawarkan, yaitu: Konsentrasi Manajemen Keuangan Islam, Konsentrasi Akuntansi Islam, dan Konsentrasi Ekonomi Pembangunan Islam.

Program Studi Ekonomi Islam di FEB Unpad merupakan pengembangan dari berbagai kegiatan ekonomi Islam baik dalam bentuk penelitian,seminar, lokakarya maupun pengajaran dalam mata kuliah ekonomi Islam serta konsentrasi manajemen syariah. Kegiatan-kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pusat Studi Ekonomi dan Bisnis Islam FEB Unpad dan juga oleh Program-Program Studi yang ada di FEB Unpad yaitu Program Studi Ekonomi dan Studi Pembangunan, Akuntansi dan Manajemen.

Proses pembelajaran difokuskan pada pemahaman dan penguasaan landscape dari ekonomi dan bisnis Islam dengan muatan 80% diskusi mengenai konsep-konsep dasar dari ekonomi dan bisnis Islam dan 20% pengenalan terhadap metodologi ekonomi dan bisnis Islam.

 

VISI

“Menjadi program studi yang memiliki keunggulan dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengamalan ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi Islam.”

 

MISI

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang ekonomi  Islam sesuai dengan kebutuhan masyarakat pengguna.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan dan menyebarluaskan pemikiran ekonomi  Islam dilingkungan pendidikan, bisnis dan masyarakat.
  3. Memberikan kontribusi yang signifikan secara institusional dalam menyelesaikan berbagai persoalan ekonomi Islam.

TUJUAN PROGRAM

  1. Program Studi ilmu ekonomi Islam ditujukan untuk menciptakan sumber daya insani yang berkualitas, dengan kualifikasi
  2. Mempersiapkan dan meningkatkan mutu sumber daya insani di Indonesia yang akan berkiprah dalam bidang ekonomi Islam.
  3. Meningkatkan partisipasi prodi untuk menghasilkan cendekiawan Muslim dalam menerapkan pengetahuan ekonomi Islam melalui pendidikan dan keteladanan.  
  4. Menghasilkan sumber daya insani yang berkualitas yang menguasai ilmu ekonomi Islam secara profesional.
  5. Mengisi kekurangan tenaga dosen, ilmuwan pada bidang pendidikan tinggi Islam dan umum baik yang berstatus negeri maupun swasta di Indonesia.
  6. Memiliki pemahaman yang mendalam, berkaitan dengan ilmu ekonomi Islam sehingga dapat memahami, menganalisa dan memprediksi berbagai bentuk praktik ekonomi Islam.
  7. Berkemampuan merumuskan berbagai pemikiran baru maupun alternatif pemecahan masalah atas kasus tertentu yang menjadi perhatiannya dalam bidang ilmu ekonomi Islam.

 

Kontak

Program Studi Ekonomi Islam

Jl. Dipati Ukur No.35, Bandung 40132
Phone/Fax : 022 2509055
Email : kaprodi.ekis.s1@unpad.ac.id

Website: http://ekis.feb.unpad.ac.id