Fasilitas

Fasilitas

Kampus Dipatiukur

Gedung Perkuliahan S1 (Gedung A)

Gedung A memiliki 3 lantai dengan luas 1750 m2, yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung perkuliahan. Gedung A memiliki 9 ruang kuliah, 5 Laboratorium, dan beberapa ruang untuk fungsi terkait lainnya. Ada 4 Laboratorium praktika berbasis komputer yaitu labkom jurusan akuntansi, labkom jurusan manajemen, labkom jurusan ekonomi & studi pembangunan, dan labkom statistik, serta ada 1 laboratorium untuk praktika berbasis manual. Selain itu Gedung A juga memiliki ruang lain seperti ruang rapat, ruang dosen diploma 3 PAAP dan ruang IT FE Unpad.


 Gedung Perkuliahan S1 (Gedung B)
 
Gedung B memiliki 3 lantai dengan luas 246,8 m2, yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung perkuliahan. Hampir semua ruang di Gedung B digunakan untuk perkuliahan. Gedung ini juga memiliki Ruang Multimedia yang digunakan selain sebagai ruang pekuliahan, juga digunakan untuk acara-acara besar seperti, seminar, kuliah umum, workshop, rapat dan lain-lain.

Gedung Perkuliahan S1 (Gedung C)
 
Gedung terbaru yang penggunaannya diresmikan oleh menteri pendidikan RI pada tahun 2008 ini, memiliki fungsi yang beragam. Sebagai ruangan perkuliahan, aktivitas mahasiswa, student center, ruang-ruang BEM untuk mahasiswa program sarjana dan diploma, ruang administrasi pasca sarjana, dan ruang serba guna. Gedung ini terdiri dari 4 lantai dilengkapi dengan lift dan mempunyai luas 635 m2. Ada 15 ruang perkuliahan dan 2 laboratorium praktek berbasis komputer untuk Program Diploma 3.

Gedung Perkuliahan Program Diploma 3
 
Program Diploma 3 merupakan program yang mempunyai mahasiswa terbanyak di Fakultas Ekonomi. Gedung perkuliahan yang dapat menampung mahasiswa Program Diploma 3 ini mempunyai sarana perkuliahan yang lengkap untuk kelancaran perkuliahan

Gedung Perkuliahan Magister Manajemen

Setiap ruangan kelas di Program Magister Manajemen Unpad terdapat fasilitas-fasilitas yang menunjang kenyamanan dalam proses belajar mengajar. Fasilitas-fasilitas tersebut di antaranya ruangan ber-AC, Multimedia Projector, White Board, dan Overhead Projector (OHP).


Gedung Perkuliahan Magister Akuntansi
 
Gedung perkuliahan Magister Akuntansi berlokasi di Jl. Japati  no. 4 Bandung memiliki luas 648,9 m 2 , Terdiri dari 3 lantai dan 9 ruang perkuliahan yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung perkuliahan. Selain itu Gedung Maksi juga difasilitasi dengan labolatorium untuk mendukung proses kegiatan perkuliahan.

 Gedung Perkuliahan Magister Ekonomi Terapan

 
Program Magister Ekonomi Terapan memiliki ruang kuliah yang representatif, semua ruang kuliah dilengkapi dengan satu set infocus, OHP, wireless dan whiteboard, ruang kelas ber-AC yang dapat menampung 20-30 mahasiswa.

Gedung Perkuliahan Doktor Manajemen Bisnis (DMB)
 
Ruang perkuliahan program Doktor Manajemen Bisnis (DMB) memiliki fasilitas yang sama seperti ruang kelas Magister Management, setiap ruangan kelas di program Doktor Manajemen Bisnis (DMB) Unpad terdapat fasilitas-fasilitas yang menunjang kenyamanan dalam proses belajar mengajar. Fasilitas-fasilitas tersebut di antaranya ruangan ber-AC, Multimedia Projector, White Board, dan Overhead Projector (OHP).
 

Untuk mendukung seluruh kegiatan para mahasiswanya, Fakultas Ekonomi menyediakan Gedung Student Center yang biasa digunakan oleh mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan kemahasiswaa. Gedung ini terletak di lantai dasar gedung C yang mempunyai fasilitas pendukung lainnya, seperti hotspot area, komputer untuk mahasiswa, cafe mahasiswa dan books center.

Student Center memiliki luas 653,72 m 2 terletak di lantai dasar Gedung C, merupakan tempat favorit mahasiswa, karena berbagai kegiatan mahasiswa diadakan di ruang ini. Kegiatan yang sering digelar di ataranya, bazar, forum diskusi mahasiswa, praktek UMKM dan lain-lain.


Books Center

Books Center merupakan fasilitas lain yang diberikan untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi Unpad. Dengan adanya books center ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mencari buku referensi perkuliahan. Berbagai jenis buku dari beberapa bidang studi tersedia, terutama buku referensi ekonomi. Books Center dikelola oleh para mahasiswa sendiri yang dimanfaatkan sebagai bahan pengembangan wirausaha mahasiswa.


Cafe Mahasiswa
 
Sama halnya seperti Books Center, mahasiswa difasilitasi Cafe Mahasiswa yang bertujuan untuk mengembangkan bakat usaha mahasiswa. Cafe Mahasiswa selain digunakan untuk instirahat diwaktu senggang perkuliahan juga digunakan untuk tempat diskusi, maupun browsing internet.
 
 

Laboratorium merupakan fasilitas penting yang sudah menjadi bagian dari kegiatan perkuliahan di Fakultas Ekonomi Unpad. Masing-masing jurusan dan program studi mempunyai laboratorium sendiri sebagai sarana pendukung perkuliahan. Laboratorium tersebut adalah :

LABORATORIUM PRAKTIKUM JURUSAN AKUNTANSI FE UNPAD

Official Website : Labkom Akuntansi

  
LokasiGedung A, Lt.2 – Jl. Dipatiukur No. 35 Bandung
Fasilitas
  1. 2 unit SERVER (Processor INTEL P4 2.4 GHZ, Memory DDR 512 MB, Hardisk 40GB, Microsoft Windows 2000 Server, Microsoft SQL Server)
  2. 1 unit PC ASISTEN (Processor INTEL P4 2.0 GHZ, Memory DDR 256 MB, Hardisk 40GB, Microsoft Windows XP Professional)
  3. 20 unit PC PRAKTIKAN (Processor INTEL P4 2.0 GHZ, Memory DDR 256 MB, Hardisk 40GB, Microsoft Windows XP Professional)
AplikasiMicrosoft Office 2000/2003, Microsoft Visual FoxPro 7
SaranaLAN terhubung dengan Campus Network Unpad.Net dan Akses Internet

 

LABORATORIUM PRAKTIKUM JURUSAN ESP FE UNPAD

Official Website : Labkom ESP

 
  
LokasiGedung A, Lt.2 – Jl. Dipatiukur No. 35 Bandung
Fasilitas
  1. 1 unit SERVER (Processor INTEL P4 2.8 GHZ, Memory DDR 512 MB, Hardisk 40GB, Microsoft Windows 2000 Server, Microsoft SQL Server)
  2. 1 unit PC ASISTEN (Processor INTEL P4 2.0 GHZ, Memory DDR 256 MB, Hardisk 40GB, Microsoft Windows XP Professional)
  3. 20 unit PC PRAKTIKAN (Processor INTEL P4 2.0 GHZ, Memory DDR 256 MB, Hardisk 40GB, Microsoft Windows XP Professional)
AplikasiMicrosoft Office 2000/2003, Microsoft Visual FoxPro 7
SaranaLAN terhubung dengan Campus Network Unpad.Net dan Akses Internet

 

LABORATORIUM PRAKTIKUM JURUSAN MANAJEMEN FE UNPAD

Official Website : Labkom Manajemen

Tentang Laboratorim Praktikum Jurusan Manajemen

Laboratorim Praktikum Jurusan Manajemen merupakan sarana laboratorium komputer yang digunakan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Unpad jurusan Manajemen sebagai sarana penunjang dan pemahaman praktek untuk beberapa mata kuliah yang diajarkan, seperti:
  1. Aplikasi Komputer untuk Bisnis
    Dalam praktikum ini, mahasiswa diberikan tambahan ilmu dalam menggunakan Microsoft Office dan Macromedia Dreamweaver yang akan menunjang dalam kegiatan bisnis.
  2. Sistem Informasi Manajemen
    Mahasiswa akan diajarkan cara membuat suatu sistem informasi manajemen sederhana yang sangat membantu dalam melakukan manajemen suatu usaha.
 
Fasilitas
 
  
LokasiGedung A, Lt.2 – Jl. Dipatiukur No. 35 Bandung
Fasilitas
  1. 1 unit SERVER (Processor INTEL P4 2.8 GHZ, Memory DDR 512 MB, Hardisk 80GB, Linux, MySQL Server)
  2. 1 unit PC ASISTEN (Processor INTEL P4 2.4 GHZ, Memory DDR 256 MB, Hardisk 40GB, Microsoft Windows XP Professional)
  3. 29 unit PC PRAKTIKAN (Processor INTEL P4 2.4 GHZ, Memory DDR 256 MB, Hardisk 40GB, Microsoft Windows XP Professional)
AplikasiMicrosoft Office 2000/2003, Microsoft Visual FoxPro 7
SaranaLAN terhubung dengan Campus Network Unpad.Net dan Akses Internet

 

LABORATORIUM PRAKTIKUM STATISTIK FE UNPAD

 
  
LokasiGedung A, Lt.2 – Jl. Dipatiukur No. 35 Bandung
Fasilitas
  1. 1 unit SERVER (Processor INTEL P4 Core Duo 3 GHZ, Memory DDR 512 MB, Hardisk 40GB, Microsoft Windows 2000 Server, Microsoft SQL Server)
  2. 1 unit PC ASISTEN (Processor INTEL P4 3 GHZ, Memory DDR 512 MB, Hardisk 80GB, Microsoft Windows XP Professional)
  3. 20 unit PC PRAKTIKAN (Processor INTEL P4 3 GHZ, Memory DDR 512 MB, Hardisk 80GB, Microsoft Windows XP Professional)
AplikasiMicrosoft Office 2000/2003, MATLAB, SPSS, Microsoft Visual FoxPro 7
SaranaLAN terhubung dengan Campus Network Unpad.Net dan Akses Internet

 Laboratorium praktika manual biasanya digunakan oleh mahasiswa yang mengikuti matakuliah tertentu yang diwajibkan adanya praktika manual selain praktika komputer. Beberapa matakuliah yang mempunyai praktika ini di antaranya, statistik, akuntansi, audit dan lain sebagainya. Labolatorium praktika manual berlokasi di kampus Fakultas Ekonomi Jl. Dipati Ukur no 35, yakni di Gedung A. Labolatorium ini dilengkapi fasilitas pendukung lainnya, di antaranya OHP, AC dan lain-lain.

Pentingnya fungsi Laboratorium Bahasa dalam program pembinaan dan pengajaran guna peningkatan kemampuan bahasa asing bagi sivitas akademika, maka pengajaran secara formal sangat menentukan keberhasilan peningkatan keterampilan berbahasa tersebut. Oleh karena itu, keberadaan Laboratorium Bahasa akan mendukung kemajuan personal dan profesional pada khususnya, dan pembangunan nasional pada umumnya. Selain itu labolatorium bahasa juga mempunyai peranan penting lain, yaitu sebagai pusat penelitian bahasa bagi mahasiswa dan masyarakat.

Fasilitas

Untuk menunjang proses praktikum/pembelajaran, Laboratorium Bahasa menyediakan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan dalam proses pengajaran, di ataranya:

  • Listening Booth
  • Master Control
  • Televisi
  • Video
  • VCD
  • Kaset
  • Buku dan lain-lain.

Fasilitas Laboratorium E-Learning Fakultas Ekonomi UNPAD, terdiri atas 60 unit komputer yang tersambung dengan jaringan Intranet dan Internet FE UNPAD. Fasilitas ini digunakan untuk kegiatan-kegiatan seperti Matakuliah E-Learning dengan WebCT tool, Pelatihan, Kegiatan Kemahasiswaan, Kegiatan Perkuliahan Praktika Komputer.

 

Fasilitas yang ada di Labolatorium E-learning diantaranya adalah perkuliahan On-line yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswanya. Aplikasi yang tersedia untuk mendukung kergiatan tersebut adalah WebCT. WebCT merupakan sistem perkuliah  virtual yang memiliki dukungan fasilitas yang dibutuhkan dalam perkuliahan online. Fasilitas yang tersedia dalam di antaranya discussion boards, mail systems, live chat, uploading documents dan webpage.

 

 


 

Selain untuk kegiatan praktikum dan perkuliahan On-line, Labolatorium E-leraning juga digunakan untuk pelatihan baik oleh mahasiswa, dosen, maupun pegawai. Pelatihan yang sering dilakukan oleh mahasiswa diantaranya, pembuatan Website Toko Online menggunakan Content Management System Opensource seperti Joomla, OScommerce dan lain-lain.  Labolatorium E-learning digunakan oleh para dosen untuk pelatihan Blog dosen, Fakultas Ekonomi mail system dan lain sebagainya.

Perpustakaan dan Pusat Informasi Ilmiah (P2I2) Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran didirikan pada tanggal 17 Desember 1997, dengan tujuan untuk memberikan layanan informasi akademis dalam bidang ekonomi dan bisnis sehingga dapat membantu proses belajar mengajar yang berlangsung.

Perpustakaan dan Pusat Informasi Ilmiah (P2I2) Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran pada awalnya memiliki koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan-perpustakaan fakultas ekonomi program regular dan program ekstensi, pada perkembangan selanjutnya koleksi perpustakaan makin bertambah dengan adanya sumbangan dari para alumni Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran serta dari para donatur yang memiliki perhatian yang tinggi terhadap dunia pendidikan.

Perpustakaan dan Pusat Informasi Ilmiah (P2I2) Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran berdiri di atas gedung 3 (tiga) lantai dengan luas bangunan 1200 m2. P2I2 Fakultas Ekonorni Universitas Padjadjaran pada saat ini telah mampu menyediakan layanan buku ekonomi dan bisnis, skripsi, makalah seminar, jurnal, koran, majalah, penyediaan informasi dalam bentuk cd-room serta layanan internet.

PENGURUS P2I2

Penasehat: Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran
Pembina: Para Pembantu Dekan
Kepala P2I2: Ari Tjahjawandita, SE, M.Si.
Kepala Urusan P2I2: Sukamtini
Pelaksana: Staf P2I2

 

Fasilitas Perpustakaan dan Pusat Informasi Ilmiah

Ruang Baca
 
Berada di lantai 1 terdiri dari ruang baca buku, ruang referensi dan ruang skripsi serta ruang baca majalah dan koran yang dilengkapi dengan pendingin ruangan, dengan koleksi buku yang terus diusahakan bertambah.

Ruang Penyalinan Files

Selain Buku, Perpustakaan FE Unpad juga menyedikan bermacam-macam e-books yang dapat disalin. Para pembaca dapat mengkopi file-file yang diperlukan dengan menghubungi petugas.


Ruang Jurnal

Fasilitas pencarian jurnal ekonomi ini biasanya dimanfaatkan oleh para mahasiswa semester akhir dalam pencarian referensi tugas akhirnya. Ruang jurnal tersebut dilengkapi dengan beberapa komputer yang terhubung jaringan internet dan juga dilengkapi dengan aplikasi jurnal, sehingga memudahkan para mahasiswa dalam pencarian jurnal.


Ruang Skripsi

Dengan adanya ruang skripsi diharapkan dapat mendukung para mahasiswa semester akhir menyelesaikan Tugas Akhrinya dengan cepat.

 


Perpustakaan Magister Manajemen

Merupakan sarana penunjang bagi mahasiswa dalam menyelesaikan studinya dan dalam melakukan penelitian tesis. Fasilitas yang disediakan oleh Perpustakaan Program Magister Manajemen Unpad adalah :

– Layanan Internet (Student Internet)
– Digital Library (pencarian katalog)
– Pencarian Jurnal Online(Proquest Service)

Dalam rangka memberikan akses prima bagi Teknologi Sistem Informasi di Lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, maka saat ini Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran telah memiliki infrastruktur, sistem informasi dan layanan yang sudah dan sedang dikembangkan. Infrastruktur, sistem informasi dan layanan tersebut adalah:

  • Akses Infrastruktur Teknologi Informasi
  • Sistem Informasi Pimpinan Fakultas
  • Sistem Informasi Akademik
  • Sistem Informasi Administrasi Kepegawaian
  • Sistem Informasi Keuangan
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Sistem Informasi Kemahasiswaan dan Alumni
  • Digital Library
  • Layanan Database Jurnal
  • Layanan Akses Intranet dan Internet
  • Layanan Official Web Site FE-UNPAD
  • Layanan Helpdesk
  • Layanan e-Learning

Ruang Multimedia selain untuk kegiatan perkuliahan, digunakan pula untuk acara-acara tertentu. Workshop, Seminar, Kuliah Umum, Rapat dan lain sebagainya. Gedung Multimedia ini dilengkapi fasilitas sebagai berikut:

Infokus dan Wide Screen

Infokus dan wide screen merupakan sarana utama yang disediakan untuk menunjang seluruh kegiatan yang diselenggarakan di ruang multimedia. Semua peralatan berkualitas tinggi dan kegiatan yang sering diselenggarakan di ruang multimedia adalah workshop dan seminar yang diselenggarakan oleh mahasiswa maupun fakultas.

Seminar yang pernah diselenggarakan di ataranya, “Peran Perguruan Tinggi Dalam Menghasilkan SDM Syariah yang profesional”, “Global Impact of the US Finanscial Crisis, Internal Auditing & Enterprise Risk Management dan Leadership Seminar”.


Peralatan Multimedia

Ruang multimedia dilengkapi peralatan multimedia untuk mendukung semua kegiatan. Alat-alat multimedia yang tersedia di antaranya, sound system yang dikendalikan pada ruang sound control, keyboard dan lain-lain.


Kursi dan Meja Kuliah

Sesuai dengan peruntukannya, pada ruang multimedia tersedia kursi dan meja kuliah yang dapat menampung lebih dari 200 orang. Kursi dan meja yang tertata rapi menjadikan para mahasiswa nyaman dalam menjalani kegiatannya.

Aula

Untuk keperluan kegiatan masal seperti pelepasan wisuda, seminar, temu ilmiah dan acara-acara lainnya. Program Magister Manajemen Universitas Padjadjaran memiliki ruangan aula. Seperti ruangan lainnya, aula juga dilengkapi dengan Multimedia Projector, Overhead Projector dan Air Conditioner (AC) untuk kenyamanannya.


Auditorium

Untuk keperluan kegiatan masal seperti pelepasan wisuda, seminar, temu ilmiah, kuliah umum, kuliah perdana dan acara-acara lainnya Program Magister Manajemen Universitas Padjadjaran memiliki ruangan aula. Seperti ruangan lainnya, aula juga dilengkapi dengan Multimedia Projector, Overhead Projector dan Air Conditioner (AC) untuk kenyamanannya.

Ruangan Cafetaria yang cukup luas, umumnya digunakan untuk keperluan istirahat para mahasiswa, dosen dan pegawai. Cafetaria merupakan favorit dengan suasananya yang nyaman dan dilengkapi dengan menu makanan yang lengkap dan terjangkau, sehingga cafetaria ini sering juga digunakan sebagai tempat diskusi dan mengerjakan tugas oleh para mahasiswa.

 

 

Kampus Jatinangor

Ruang perkuliahan di Kampus Jatinangor berada di Gedung Lamda. Gedung  ini terdiri dari 3 lantai yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung perkuliahan, termasuk ruang administrasi perkuliahan. Hampir semua ruang kuliah di Kampus Jatinangor berada di Gedung Lamda. Sedangkan ruang ujian sidang berada di gedung Epsilon lantai 3.

Ruang teleconference atau telekonferensi atau teleseminar ini biasanya digunakan untuk komunikasi langsung dalam jarak jauh atau tidak dalam satu ruangan dan dihubungkan oleh suatu sistem telekomunikasi.

Sistem telekonferensi ini sangat memudahkan komunikasi antarkampus FEB Unpad yang berada Dipati Ukur dan Jatinangor. Terutama dimanfaatkan untuk kegiatan rapat pimpinan, kuliah umum, seminar dan kegiatan lainnya.

Laboratorium merupakan fasilitas penting yang sudah menjadi bagian dari kegiatan perkuliahan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad. Setiap program studi mempunyai laboratorium sendiri sebagai sarana pendukung perkuliahan. Laboratorium praktika komputer ini terdapat di Gedung Delta.

Laboratorium praktika manual biasanya digunakan oleh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah tertentu yang diwajibkan adanya praktika manual selain praktika komputer. Beberapa matakuliah yang mempunyai praktika ini di antaranya, statistik, akuntansi, audit dan lain sebagianya. Laboratorium praktika manual di kampus FEB Jatinangor terletak di gedung Epsilon. Laboratorium ini dilengkapi fasilitas pendukung lainnya, di antaranya OHP, AC dan lain-lain.

Fasilitas laboratorium e-learning FEB Unpad, terletak di gedung Delta. Terdiri atas 50 unit komputer yang tersambung dengan jaringan intranet dan internet FEB Unpad. Fasilitas ini digunakan untuk kegiatan-kegiatan seperti mata kuliah E-Learning dengan WebCT tool, pelatihan, kegiatan kemahasiswaan, kegiatan perkuliahan praktika komputer.

Fasilitas yang ada di laboratorium e-learning di antaranya adalah perkuliahan on-line yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswanya. Aplikasi yang tersedia untuk mendukung kegiatan tersebut adalah WebCT. WebCT merupakan sistem perkuliah  virtual yang memiliki dukungan fasilitas yang dibutuhkan dalam perkuliahan online. Fasilitas yang tersedia dalam di antaranya discussion boards, mail systems, live chat, uploading documents dan webpage.

Perpustakaan dan Pusat Informasi Ilmiah (P2I2) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran didirikan pada tanggal 17 Desember 1997, dengan tujuan untuk memberikan layanan informasi akademis dalam bidang ekonomi dan bisnis sehingga dapat membantu proses belajar mengajar yang berlangsung.

Untuk sementara ini fasilitas P2I2 hanya berlokasi di kampus Dipati Ukur Bandung. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan perpustakaan bagi dosen dan mahasiswa yang berlokasi di kampus Jatinangor dapat menggunakan perpustakaan yang dikelola universitas yakni CISRAL.

Dalam rangka memberikan akses prima bagi Teknologi Sistem Informasi di Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran. Saat ini FEB Unpad telah memiliki infrastruktur, sistem informasi dan layanan yang sudah dan sedang dikembangkan. Infrastruktur, sistem informasi dan layanan tersebut adalah:

  • Akses Infrastruktur Teknologi Informasi
  • Sistem Informasi Pimpinan Fakultas
  • Sistem Informasi Akademik
  • Sistem Informasi Administrasi Kepegawaian
  • Sistem Informasi Keuangan
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Sistem Informasi Kemahasiswaan dan Alumni
  • Digital Library
  • Layanan Database Jurnal
  • Layanan Akses Intranet dan Internet
  • Layanan Official Web Site FE-UNPAD
  • Layanan Helpdesk
  • Layanan e-Learning

Untuk keperluan kegiatan massal seperti pelepasan wisuda, seminar, temu ilmiah dan acara-acara lainnya FEB Unpad kampus Jatinangor memiliki ruangan aula.  Aula dan auditorium terletak di gedung Epsilon. Seperti ruangan lainnya, aula juga dilengkapi dengan projector, overhead projector dan air conditioner (AC) untuk kenyamanannya.