Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik

Data Program Studi

Nama Program Studi

Alamat

Telepon

Faksimile

Ketua Program Studi

Email

Website

:

:

:

:

:

:

:

Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik

Jalan Raya Bandung Sumedang KM 21 Jatinangor

+62 22 250 9055

+62 22 250 9055

Dr. Sugiono Poulus, SE., MBA., Ak., CA., CPA

kaprodi.public.accounting@unpad.ac.id

http://asp.feb.unpad.ac.id

Visi Keilmuan Program Studi

  • Visi  Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik FEB Unpad adalah menjadi pusat keunggulan pengembangan ilmu dalam bidang studi Akuntansi Sektor Publik di Indonesia pada tahun 2026.

Misi Program Studi

  • Misi  Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik FEB Unpad adalah untuk menghasilkan tenaga ahli madya profesional di bidang ilmu Akuntansi Sektor Publik, yang sesuai dengan kebutuhan pasar skala nasional dan internasional berdasarkan hasil penyelenggaraan pendidikan yang menerapkan prinsip  good governance.

Tujuan program studi

  • Mempunyai pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja baik pada masa sekarang maupun masa depan
  • Mempunyai kemampuan untuk bersaing dengan lulusan yang sederajat baik ditingkat nasional maupun internasional
  • Mempunyai kemampuan berpikir aktif, kreatif, dan terampil
  • Memiliki integritas kepribadian tinggi, bersifat terbuka, peka dan tanggap terhadap masalah yang dihadapi dalam dunia kerjanya dan lingkungan sekitarnya.

Lulusan dari Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik FEB Unpad dapat diserap oleh :

  • Menjadi praktisi yang kompeten dalam penyusunan dan pemeriksaan laporan keuangan  untuk organisasi sektor publik
  • Bekerja pada Instansi pemerintah, BUMN/BUMD dan instansi swasta untuk membuat laporan keuangan serta penyusunan laporan keuangan sesuai standar akuntansi yang berlaku dan sektor publik lainnya seperti Rumah sakit, pendidikan, partai polkitik, lembaga lkeagaan dan lembaga non laba lainnya.
  • Dapat  bersaing di lingkuang ASEAN, maka Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik FEB Unpad direncanakan mengikuti sertifikasi ACPA (Asean Certified Profesional Accountant) serta sertifikasi ACCA agar dapat bekerja di kawasan Eropa.

Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik FEB Unpad lebih menitikberatkan pada pendekatan Praktek/ Praktika/skill kerja dengan 60 % Praktek dan 40 % Teori. Jumlah mahasiswa per kelas ditetapkan maksimum 25 orang, dengan demikian mahasiswa dapat berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran.