PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN

Data Program Studi

Nama Program Studi   : Sarjana Ekonomi Pembangunan
Alamat                            : Jalan Raya Bandung Sumedang KM 21 Jatinangor Sumedang
Telepon                          : +62 22 250 9055
Faksimile                       : +62 22 250 9055
Ketua Program Studi  : Rudi Kurniawan, S.E., MBA., Ph.D
Email                              : kaprodi.iesp.s1@unpad.ac.id
Website                         : http://iesp.feb.unpad.ac.id

 

SEJARAH :

Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 37 tanggal 18 September 1957 tentang pendirian

Universitas Padjadjaran. Peraturan ini mulai berlaku tanggal 11 September 1957. Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran berasal dari  Universitas Merdeka di bawah naungan Yayasan Universitas Merdeka Bandung yang didirikan tahun 1952, yang pada perkembangannya menjadi Universitas Padjadjaran pada tahun 1957, dengan ketuanya Prof. Mr. R. Iwa Kusumasumantri dan Mr. Achmad Sanusi sebagai sekretaris. Fakultas Ekonomi mempunyai dua jurusan, yaitu Ekonomi Umum dan Ekonomi Perusahaan dengan jumlah mahasiswa 486 orang, terdiri dari 400 mahasiswa baru dan 86 mahasiswa berasal dari Universitas Merdeka. Staf pengajar berjumlah 40 orang yang merupakan dosen luar biasa, karena pada awal pendiriannya Universitas Padjadjaran belum memiliki staf dosen tetap.

Pada awal berdirinya, Fakultas Ekonomi memiliki dua jurusan yaitu jurusan Ekonomi Umum dan Jurusan Ekonomi Perusahaan. Pada tanggal 6-10 Januari 1958 telah dilaksanakan konferensi antar-Universitas Negeri di Bandung, di mana hasil konferensi tersebut adalah menetapkan jangka waktu studi sampai dengan ujian doktoral lengkap adalah selama 5 tahun, hal ini berdampak langsung pada Fakultas Ekonomi Unpad. Dengan sistem pendidikan ini studi di Fakultas Ekonomi Unpad terbagi dalam lima tingkat yang masing-masing ditempuh dalam satu tahun, kelima tingkat tersebut adalah :

• Tingkat Persiapan
• Tingkat Sarjana Muda I (Kandidat I)
• Tingkat Sarjana Muda II (Kandidat II)
• Tingkat Bakaloriat (Doktoral I)
• Tingkat Sarjana (Doktoral II)

Berdasarkan Surat Keputusan Senat Guru Besar Universitas Padjadjaran No. 3/Kep/Universitas Padjadjaran/68, tanggal 18 Januari 1968, Fakultas Ekonomi menerima pemindahan Jurusan Administrasi Niaga dan Jurusan Akuntansi dari Fakultas Sosial Politik Universitas Padjadjaran, sehingga sejak tahun akademik 1968 sampai 1979 Fakultas Ekonomi memiliki tiga jurusan, yaitu Jurusan Ekonomi Umum, Jurusan Ekonomi Perusahaan dan Jurusan Akuntansi. Sistem kelas matrikulasi ditiadakan mulai tahun 1975, pada tahun 1976 FE Unpad telah menerapkan sistem semester pada semua tingkat, sampai dengan tingkat Sarjana Muda II. Mulai semester II tahun 1979, telah mulai dijalankan kelas paralel.

Dalam rangka membantu pemerintah untuk pendidikan tenaga terampil tingkat tinggi, Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran membentuk program Diploma 3. Program Diploma 3 tersebut merupakan salah satu unit kerja dilingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran yang mengemban tugas menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan keterampilan dalam penerapan ilmu dan teknologi secara praktis, yang didirikan pada tahun 1975 dan dikukuhkan oleh Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 042/U/1975 tanggal 18Maret 1975.

Dalam upaya menempatkan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran sebagai institusi di bidang ilmu manajemen dan bisnis di tingkat nasional maupun internasional yang relevan dengan upaya Universitas Padjadjaran dalam menuju World Class University, maka pada tanggal 26 Agustus 2011 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran Nomor 4196/UN6.RKT/HK/2011 telah ditetapkan perubahan nama Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran.

“Menjadi program studi penyelenggara pendidikan sarjana Ekonomi Pembangunan yang unggul di tingkat nasional sehingga mampu bersaing di tingkat nasional, terkemuka di Asia Pasifik dan internasional pada tahun 2026.”Visi 

 

Misi 

  • Menyelenggarakan pendidikan (pembelajaran, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, serta pengabdian kepada masyarakat) yang profesional, akuntabel, dan kondusif.
  • Melaksanakan penelitian yang berkualitas yang menghasilkan pemikiran-pemikiran baru di bidang Ilmu Ekonomi untuk dipublikasikan atau didiskusikan di forum nasional dan internasional sehingga meningkatkan citra program studi
  • Memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat didasarkan atas hasil pengkajian, penelitian, dan pengabdian, yang selanjutnya mampu diimplementasikan oleh pengambil kebijakan di pemerintah pusat atau daerah, sektor publik, atau sektor swasta.
  • Meningkatkan kerjasama nasional dan internasional yang dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan daya saing program studi.

Tujuan 

  • Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki: kompetensi analisis ekonomi yang baik (analytical skills), dapat mempraktekan ilmu yang dipelajari pada kehidupan sehari-hari (practical skills), dan menjunjung tinggi keluhuran budaya lokal dan budaya nasional dalam keragaman budaya dunia. sehingga mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional
  • Untuk terbangunnya iklim akademik yang kondusif bagi penyelenggaraan pendidikan
  • Untuk termilikinya lulusan yang kapabel dan profesional dalam penyelenggaraan pendidikan
  • Untuk tercapainya pembentukan lulusan yang unggul berdasarkan tradisi keilmuan, budaya dan keunggulan kinerja
  • Untuk menghasilkan kuantitas dan kualitas penelitian ilmu ekonomi di tingkat Sarjana S1 baik di dalam maupun luar negeri yang menunjang bagi pembangunan Ekonomi nasional
  • Untuk menghasilkan kuantitas dan kualitas pengabdian masyarakat melalui kepedulian civitas akademika program Sarjana S1 guna menumbuhkan kesadaran ekonomi masyarakat dalam menunjang pembangunan.
  • Untuk terkembangnya kerja sama nasional dan internasional dengan berbagai pihak dalam penyelenggaraan pendidikan

Profil Lulusan

Sarjana Ekonomi yang memiliki pengetahuan, keahlian, sikap profesional dan etika yang berakhlakul karimah di bidang ilmu ekonomi. Lulusan dapat bekerja sebagai perencana pertama, asisten peneliti, asisten analis kebijakan, ekonom pendidik, analis data, analis pasar, analis bisnis dan keuangan, pengusaha, serta profesi lain yang relevan dengan bidang pengetahuan dan keahlian ilmu ekonomi seperti ekonomi syariah, ekonomi lingkungan, ekonomi kesehatan, dan ekonomi kependudukan.

Dengan demikian sumber daya insani tersebut mampu bekerja di organisasi publik, swasta, atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta memiliki kemampuan untuk melanjutkan studi Ilmu Ekonomi dan/atau lainnya ke strata yang lebih tinggi.