Pustawakan FEB Unpad Raih Prestasi Tingkat Nasional Tiga Tahun Beruntun

Pustakawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran berhasil meraih penghargaan untuk ketiga kalinya secara beruntun sejak 2017 sebagai diktendik berprestasi tingkat Universitas Padjadjaran dan lolos ke sepuluh besar tingkat nasional dari tahun 2017-2019 yang diadakan oleh Kemenristekdikti.

Penyerahan penghargaan di Tingkat Nasional dilakukan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Ali Ghufron Mukti, di Jakarta, Senin (28/10). Penghargaan tersebut diberikan dalam acara tahunan Anugerah Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Diktendik) Berprestasi Tahun 2019 ke-16. Ajang yang bertepatan dengan momentum Hari Sumpah Pemuda ini ditujukan dalam rangka memberikan penghargaan bagi para tenaga pendidik maupun kependidikan yang berprestasi, baik dari sisi temuan, inovasi, karya hingga kualitas layanan serta dedikasi selama menjalani profesinya.

Kemampuan pustakawan yang baik merupakan salah satu pendukung dalam memajukan dan meningkatkan kualitas mutu lulusan sebuah universitas. perpustakaan mempunyai peranan yang sangat penting sebagai jantungnya pendidikan. Tuntutan perkembangan era digital membuat peran pustakawan semakin berkembang dan dituntut untuk terus menambah dan mengembangkan wawasan, serta terus meningkatkan kompetensinya.

Pustakawan FEB Unpad yaitu Sukamtini, S.Sos ,Muh. Zeinuri Rahyudi, M.I.Kom, dan Euis Sumiati, S.Sos berhasil meraih penghargaan sebagai diktendik berprestasi Tingkat Unpad dan  Tingkat Nasional dari tahun 2017-2019

Pengembangan kompetensi ini sangat penting dalam mendukung tercapainya visi perguruan tinggi. Salah satu upaya mengembangkan kompetensi ini adalah dengan mengikuti Pemilihan Pustakawan Berprestasi yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan DIKTI.

Harapan dari pemilihan ini sesuai yang tertera dalam buku pedoman pemilihan pustakawan berprestasi tahun 2019, adalah untuk memiliki pustakawan yang berprestasi untuk pengembangan daya saing perguruan tinggi berbasis keunggulan lokal, dan bertujuan untuk memberikan pengakuan kepada pustakawan yang menunjukkan kinerjanya sebagai mitra strategis dalam pembentukan masyarakat berpengetahuan.

Dalam pelaksanaannya seleksi dan pemberian penghargaan Pustakawan Berprestasi ini dilakukan melalui dua tingkat, yaitu tingkat perguruan tinggi negeri/LLDIKTI dan tingkat nasional. Untuk pustakawan yang terpilih di tingkat perguruan tinggi negeri atau LLDIKTI kemudian diikutsertakan ke tingkat nasional. Pada tingkat nasional ini dilakukan seleksi berdasarkan penilaian dokumen yang dikirim kepada panitia seleksi dan dipilih 10 (sepuluh) peserta terbaik. Selanjutnya pada seleksi tahap akhir dipilih tiga orang Pustakawan Berprestasi tingkat nasional.

Pustakawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad telah tiga kali berturut-turut menjuarai lomba diktendik berprestasi tingkat Universitas Padjadjaran dan lolos ke sepuluh besar tingkat nasional dari tahun 2017-2019 yang diadakan oleh Kemenristekdikti. Ketiga orang tersebut yaitu, Sukamtini, S.Sos. Pustakawan Berprestasi 2017 “Digitalisasi koleksi buku dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pemustaka melalui ‘Google Play Books. Muh. Zeinuri Rahyudi, M.I.Kom. Pustakawan Berprestasi 2018 “Buku Audio Berbasis Online”. Euis Sumiati, S.Sos Pustakawan Berprestasi 2019 “Pengendalian kebisingan di ruang baca FEB Unpad dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap pemustaka”.

Pengalaman ditingkat nasional bertemu dari berbagai perwakilan universitas membuat bertambahnya pengetahuan dan pengalaman, karena bisa berbagi (sharing) perkembangan dunia perpustakaan dan pustakawan  terbaru  demikian dikatakan M. Zeinuri. Euis Sumiati juga menambahkan bahwa acara tersebut menjadi momen untuk mengembangkan profesionalisme, meningkatkan motivasi, inovasi, terjalinnya jaringan kerjasama jasa informasi perpustakaan, serta mewujudkan citra pustakawan sebagai profesi yang dapat dibanggakan.

Capaian tersebut patut disyukuri karena di Unpad baru dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang pertama kali mendapatkan penghargaan selama tiga tahun berturut-turut dan masuk sebagai finalis tingkat nasional. Sukamtini  selaku koordinator Perpustakaan FEB mengatakan salah satu kuncinya adalah kepedulian dan perhatian dari pimpinan yang senantiasa memberikan ide, inovasi dan motivasi kepada para pustakawan. Keberhasilan ini sesuai dengan slogan Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu “leading and inspiring” dan semoga bisa menjadi inspirasi kepada seluruh tendik FEB  serta senantiasa memberikan yang terbaik bagi kemajuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran.

Muh. Zeinuri Rahyudi /dani