Meneliti Dampak TIK Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Pengembangan Manusia, Dosen Telkom Meraih Gelar Doktor Di FEB Unpad

Dosen Telkom Education Foundation Mochamad Rian Murtiadi berhasil meraih gelar doktor di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran dengan yudisium sangat memuaskan. Gelar doktor berhasil diraihnya usai menjalani Sidang Promosi Doktor pada Program Doktor Ilmu Ekonomi Jalur Ekonomi Terapan FEB Unpad yang dilaksanakan di gedung Magister Ilmu Ekonomi Jl. Cimandiri No 8 Bandung (23/10).

Mochamad Rian berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Dampak Teknologi Informasi dan Telekomunikasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Pembangunan Manusia Di Indonesia dihadapan para penguji antara lain prof. Dr. Armida Alisjahbana, SE,MA,  Kodrat Wibowo, SE, Ph.D, Dr. Bagdja Muljariajadi, ST, SE, MS, Dr. Budiono, SE, MA, Dr. Nury Effendi, SE, MA, Dr. A Kemal Hidayat, SE., MSc dan Prof. Dr. Hj. Sutyastie Soemitro Remi, SE., MS.

Menurut Rian, penelitian yang dilakukannya bertujuan untuk mengetahui dampak input faktor TIK pada pertumbuhan ekonomi makro regional provinsi dan pengaruhnya terhadap kualitas pembangunan di Indonesia. ”Penelitian ini ingin membuktikan bagaimana pengaruh TIK terhadap pertumbuhan ekonomi dan pembangunan manusia di Indonesia dimana tingkat penggunaan TIK-nya berbeda-beda antar provinsi” ungkapnya.

Lebih lanjut Rian menjelaskan, dengan dataset yang terdiri dari 33 provinsi kurun waktu 2012-2015, menggunakan model fixed effect, dapat dibuktikan secara ekonometrik bahwa TIK berpengaruh signifikan pada pertumbuhan ekonomi daerah. Ini dibuktikan dengan begitu pentingnya internet sebagai sebuah kontribusi dari technological change yang bersifat global dan sudah memasuki generasi revolusi industri 4.0.

Hal lainnya dari penelitian ini adalah indeks TIK mampu menggambarkan masyarakat Indonesia mampu mengakses dan menggunakan  TIK yang berdampak pada indeks pembangunan manusia. Masyarakat saat ini sebagian sudah sangat bergantung dengan adanya TIK dan itu mampu meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik.

Penelitian ini diharapkan memberikan masukan bagi pengambil kebijakan di daerah dalam merumuskan dan merencanakan arah pembangunan TIK yang dapat menunjang pembangunan ekonomi dan pembangunan manusia yang dapat menunjang pertumbuhan inklusif dan berkesinambungan.

Laporan : Dani Wahdani/lws