Karya Unggulan Audio Book Online Hantarkan Zeinuri Ikut Seleksi IALA Tingkat Nasional

Perubahan zaman yang terus berkembang ke arah digitalisasi menjadi salah satu latar belakang terciptanya karya unggulan Audio Book Online yang dikembangkan oleh M. Zeinuri, Pustakawan FEB Unpad. Zeinuri berhasil lolos Seleksi Indonesian Academic Librarian Award (IALA) 2018 ini dan menjadi satu-satunya wakil Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPTI) Wilayah Jawa Barat. Seleksi dilaksanakan oleh Sekretariat Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia wilayah Jawa Barat, Jl. Ganesha 10 Bandung (30/8).

Munurut Zeinuri, adanya feneomena yang berkembang dari buku teks berubah menjadi buku yang lebih praktis dengan model daring seperti e-book dan audio book online, diharapkan akan berdampak pada minat baca masyarakat Indonesia khususnya di lingkungan perguruan tinggi. Model ini sudah diterapkan di perpustakaan perguruan tinggi di luar negeri dan akan dikembangkan di Indonesia. “Audio Book Online sudah banyak berkembang di luar negeri, contohnya di Amerika Serikat, banyak situs-situs yang bisa di akses” ungkapnya.

Muhammad Zeinuri , Pustakawan FEB Unpad yang berhasil lolos Seleksi Indonesian Academic Librarian Award (IALA) 2018 Tingkat Nasional dan Tendik Berprestasi di Universitas Padjadjaran kategori Pustakawan Berprestasi.

Indonesian Academic Librarian Award (IALA) merupakan apresiasi Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) terhadap peran pustakawan perguruan tinggi dalam memberikan layanan yang terbaik dan juga sebagai media promosi perpustakaan dan pustakawan Indonesia kepada masyarakat luas. Kompetisi ini adalah kegiatan rutin tahunan FPPTI yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2016.

Lebih lanjut Zeinuri mengungkapkan di Perpustakaan Nasional Indonesia sebetulnya sudah ada audio book online namun terbatas pada buku-buku fiksi, sedangkan buku ajar belum pernah ada. “Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk perguruan tinggi, buku ajar yang menjadi audio book online pertama di Indonesia khususnya di perguruan tinggi, dan Unpad mencoba ke arah itu” tegasnya.

Audio book Online adalah cara membaca dengan tidak membaca secara visual melainkan dengan mendengarkan, ini lebih praktis dan bisa dikerjakan setiap waktu” ujarnya.

Ide Audio Book Online ini akhirnya menghantarkan M. Zeinuri menjadi Finalis Indonesian Academic Librarian Award (IALA) 2018 bersama dengan 4 orang finalis lainnya diantaranya Arda Putri Winata (Daerah Istimewa Yogyakarta),  Danang Dwijo Kangko (DKI Jakarta), Firman AL Mubaroq (Jawa Tengah) dan Ayu Wulansari (Jawa Timur). Seleksi akan digelar di Hotel UB, Universitas Brawijaya Malang, 4 September 2018.

Selain menjadi Finalis Indonesian Academic Librarian Award (IALA) 2018, M. Zeinuri pun berhasil menyabet gelar Tendik Berprestasi di Universitas Padjadjaran kategori Pustakawan berprestasi. Saat ditemui disela-sela kesibukannya sebagai pustakawan FEB Unpad, Zeinuri memberi tips berharga bagi para tendik di lingkungkan FEB Unpad, menurutnya tendik harus berani melihat keluar, keluar dari rutinitas untuk memperbanyak pengetahuan dan wawasan, berani untuk berinovasi, kreatif dan unggul. “ berfikirlah selalu out of the box, jangan selalu in the box , ambillah ide dari luar yang bisa diadaptasi oleh kita, jangan pernah lelah untuk mencari pengetahuan dan selalu menambah jaringan teman “ ungkapnya.

Laporan : Dani Wahdani/lws