FEB Unpad Tuan Rumah Pertemuan ABEST21 Peer Review Committee 2018

ABEST21 Peer Review Committee adalah forum reviewer akreditasi program studi dan fakultas bisnis lembaga akreditasi ABEST21 untuk menilai layak tidaknya prodi mengikuti proses selanjutnya dalam akreditasi internasional. Pada tahun 2018 ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran menjadi tuan rumah diselenggarakannya pertemuan ABEST21  Peer Review Committee tersebut. Pertemuan itu dihadiri oleh Wakil Rektor Unpad, Dekan FEB Unpad, President ABEST21, reviewer dari berbagai perguruan tinggi internasional, dosen dan guru besar FEB Unpad. Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Magister Manajemen, Jl. Dipatiukur 46 Bandung, Rabu (31/10).

Kurang lebih 50 orang delegasi dari 15 universitas menghadiri kegiatan ini dari universitas-universitas di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Jepang. Beberapa delegasi dari universitas luar negeri diantaranya dari Waseda University Jepang, Universiti Utara Malaysia, Naresuan University Thailand, Universiti Putra Malaysia, dan Khon Kaen University Thailand. Sementara dari perwakilan Indonesia  hadir dari UNPAD, Universitas Brawijaya, Universitas Lampung, UNDIP, dan Universitas Bengkulu.

ABEST21 adalah lembaga akreditasi internasional untuk sekolah bisnis yang berdiri pada tahun 2005. Organisasi ini berkedudukan di Tokyo-Jepang dan dibentuk oleh akademisi terpandang terutama di kawasan Asia-Pasifik. Anggotanya pada saat ini berjumlah lebih dari 60 sekolah bisnis dari seluruh dunia.

Dekan FEB Unpad Yudi Azis, S.Si.,S.E.,S.Sos.,M.T.,Ph.D memberikan sambutan pada kegiatan ABEST21 Peer Review Committee 2018 di Aula Magister Manajemen, Jl. Dipatiukur 46 Bandung, (31/10) (Foto : Adil Mukti)

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran, Yudi Azis Ph.D menyambut baik pertemuan penting ini, karena pertemuan ini akan memberikan penilaian bagi prodi-prodi yang mengikuti proses selanjutnya dalam akreditasi internasional. Menurutnya FEB Unpad sebagai tuan rumah pertemuan ABEST21 Peer Review Committee 2018 merupakan kepercayaan dan penghargaan kepada FEB Unpad .

“Saya menjadi bagian untuk menyambut semua delegasi ke FEB Unpad Bandung dan juga menyampaikan terima kasih saya kepada Prof. Itoh dan ABEST21 yang telah memilih dan sepenuhnya percaya kepada FEB Unpad untuk menjadi tuan rumah dari pertemuan yang sangat penting ini. Karena mungkin Anda semua tahu bahwa dalam pertemuan ini akan ada keputusan oleh semua Peer Review Committee apakah naik level atau tidak dari sekolah pemohon” ungkapnya.

Yudi berharap pertemuan ini dapat memperkuat hubungan diantara anggota ABEST21 untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan bagi masyarakat. “Semoga pertemuan ini dapat membuahkan hasil dan memperkuat hubungan kita di antara anggota ABEST21 dalam mengejar peningkatan kualitas yang berkelanjutan dalam pendidikan bisnis bagi masyarakat kita, semoga Allah memberkati Kita semua” tutupnya.

Pertemuan ABEST21 Peer Review Committee 2018 ini secara resmi dibuka oleh Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt selaku Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Universitas Padjadjaran. Dalam sambutannya Keri mengapresiasi upaya FEB Unpad untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memiliki sejumlah prodi yang terakreditasi internasional dan FEB Unpad merupakan salah satu fakultas terbaik di Unpad. Saat ini Unpad menempati peringkat 4 universitas terbaik di Indonesia versi QS University dan peningkatan itu adalah hasil kerjasama semua pihak. “Peningkatan ini adalah karena upaya luar biasa dari para staf, dosen, dan para guru besar kami” ungkapnya.

Lebih lanjut Keri berharap pertemuan ABEST21 Peer Review Committee 2018 ini bisa menjadi kolaborasi dan inspirasi bagi semua pihak yang terlibat dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan terutama terkait penelitian dan hubungan kerjasama lainnya. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia mendukung sepenuhnya upaya peningkatan ini. “ABEST21 Peer Review Committee 2018 ini diharapkan dapat memperkuat kolaborasi untuk joint research, atau joint program, pertukaran dosen karena kementerian kami (kemenristekdikti.red.) juga mendukung pertukaran dosen, dan itu semua ada anggarannya” imbuhnya.

Diakhir acara, President of The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow a 21st century organization (ABEST 21st) Prof. Fumio Itoh menyampaikan sambutannya. Menurutnya ABEST21 berupaya untuk meningkatkan kualitas manajemen pendidikan dari sekolah bisnis dengan cara mendorong kerjasama antar anggotanya dalam upaya bersama menghadapi tantangan di abad ke-21 dan Peer Review Committee 2018 di Universitas Padjadjaran ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang pendidikan manajemen. “Pertemuan ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan tentang manajemen kepada seluruh anggota di institusi pendidikannya masing-masing” ungkapnya.

Kegiatan ABEST21 Peer Review Committee 2018 ini rencananya akan berlangsung hingga tanggal 1 November 2018 dengan agenda melakukan review terhadap rencana peningkatan kualitas sistem akreditasi ABEST21 diantaranya APAS (ABEST21 Program Based Accreditation System) dan AAAS ( ABEST21 Academic Unit Based Accreditation System).

Selanjutnya para delegasi dari Universitas-Universitas tersebut akan mengukuti ABEST 21 Rector and Deans Forum di SBM ITB yang diselenggarakan pada tangga 2 dan 3 November 2018.

Laporan : Dani Wahdani/ETW