Dua Guru Besar FEB Unpad Terpilih menjadi Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia Periode 2018-2022

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) menyelenggarakan Kongres XIII  dan Seminar HUT IAI ke-61 dengan tema “Peran Inklusif Profesi Akuntan Menuju Sustainable Development Goals (SDGs) 2030” pada tanggal 11–13 Desember 2018 di Balai Kartini, Jakarta. Kegiatan akbar yang dilaksanakan setiap 4 tahun sekali ini dihadiri sekitar 1000 orang Akuntan se-Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran inklusif Akuntan Profesional dalam perekonomian, terutama dalam upaya membentuk welfare state di Indonesia menuju SDGs 2030. Akuntan Profesional bersama stakeholders kebangsaan merupakan elemen kunci untuk memastikan tujuan pembagunan berkelanjutan untuk menciptakan masyarakat sejahtera secara berkeadilan bisa dicapai secara optimal.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi  membuka Kongres XIII Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Tahun 2018 tersebut di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa (11/12).

Kongres ke XIII IAI juga bertepatan dengan pemilihan Ketua dan Anggota Dewan Pengurus Nasional, Ketua dan Anggota Dewan Penasihat, serta Ketua dan Anggota Majelis Kehormatan. Voting untuk memilih Anggota DPN IAI dilakukan dengan mekanisme live voting melalui aplikasi yang dikembangkan oleh IAI.

Dari hasil voting tersebut dua Guru Besar Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran pun terpilih menjadi anggota Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia (DPN IAI) periode 2018-2022. Mereka adalah Prof. Dr. Sri Mulyani NS, SE., MSi., Ak., CA dengan perolehan 586 suara (urutan 6) dan Prof. Dr. Nunuy Nur Afiah, SE., MSi., Ak., CA dengan jumlah suara 562 (urutan 8).

Terpilihnya Prof. Nunuy dan Prof. Sri Mulyani merupakan bukti dari kepercayaan yang tinggi dari para stakeholder Akuntan. Prof. Nunuy merupakan Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik  (IAI-KAPD) selama 2 periode tahun 2014-2018, serta merupakan Guru Besar Departemen Akuntansi dalam bidang ilmu Akuntansi Sektor Publik dan Pemerintahan. Beliau telah berkiprah dalam bidang Akuntansi Pemerintahan selama lebih kurang 20 tahun, dan memiliki pengalaman luas dalam berbagai riset dan konsultansi dengan lembaga nasional dan internasional. Saat ini, beliau juga menjadi Ketua Pusat Studi Akuntansi Universitas Padjadjaran.

Prof. Sri Mulyani merupakan Koordinator Sistem Informasi IAI-KAPD dari tahun 2014 sampai dengan sekarang. Beliau pernah menjadi Wakil Dekan II FEB Unpad, Ketua Program Magister Akuntansi UNPAD, dan saat ini menjabat Ketua Program Doktor Ilmu Akuntansi UNPAD. Beliau dikenal sebagai salah satu periset bidang Sistem Informasi Akuntansi yang sudah memiliki berbagai publikasi internasional bereputasi dan menjadi tenaga ahli serta reviewer jurnal nasional dan internasional, serta tenaga ahli di berbagai lembaga nasional.

Para dosen Departemen Akuntansi turut hadir dalam acara Kongres XIII IAI  dan dengan terpilihnya dua orang Guru Besar Departemen Akuntansi, membuktikan eksistensi Departemen Akuntansi UNPAD dalam pengembangan profesi akuntan.  Dukungan penuh akan diberikan oleh seluruh stakeholder Departemen Akuntansi untuk kedua Guru Besar Akuntansi ini. Selamat berkarya dan mengabdi di IAI untuk kedua guru besar Akuntansi UNPAD .

Laporan: Lidya Wulan/dw

Foto : Arie Pratama