Bersiap Hadapi Era Digital, Pusat Studi EKIS Gelar Workshop Internasional

Pusat Studi Ekonomi dan Bisnis Islam FEB Unpad menggelar International Workshop dengan tema “Agile as Business Process Methodology”. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Dekan FEB Unpad Yudi Azis, S.Si., SE., S.Sos., MT., Ph.D. Hadir pula sebagai pembicara antara lain Mr. Kaboel Karso (Agile Expert, Netherlands), Meiko Tourista (Agile Indonesia), Aline Rosida (Agile Indonesia), Syaiful Rahman Soenaria (Ketua Pusat Studi Ekonomi Islam FEB Unpad), Zaldy Adrianto (Dosen Departemen Akuntansi FEB Unpad), Satya Rinaldi (CEO Veda Praxis), dan Harry Suharman (Dosen Departemen Akuntansi FEB Unpad). Kegiatan ini diselenggarakan di Lt. 3 Gedung Knowledge FEB Unpad, Jl. Dipati Ukur 35 Bandung, Selasa (6/11).

Ketua Panitia yang juga Kepala Pusat Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam FEB Unpad Syaiful Rachman Soenaria, SE, MT., Ak mengatakan ketertarikannya pada sistem bisnis yang terintegrasi pada masa sekarang, dan metodologi proses bisnisnya harus dipelajari dan dikembangkan dalam bentuk pembelajaran dan penelitian.

“Kami tertarik dengan sistem bisnis yang terintegrasi maka dari itu kami mengundang anda semua ke sini karena ini baru, bagi kami untuk berbagi tentang metodologi proses bisnisnya kami berkomitmen untuk mem-follow up kegiatan workshop hari ini dengan kegiatan pembelajaran dan riset selanjutnya”, ungkapnya.

Sementara itu Dekan FEB Unpad Yudi Azis, S.Si., SE., S.Sos., MT., Ph.D dalam sambutannya mengatakan begitu pentingnya  mendalami metodologi proses bisnis ditengah revolusi industri 4.0 yang bergerak semakin cepat. “Salah satu agenda yang sangat penting tentang metodologi proses bisnis. Saat ini kita memasuki revolusi industri 4.0, dimana siklus kehidupan bisnis bergerak semakin cepat.  Yang tahun-tahun sebelumnya pastinya sudah ketinggalan zaman”, ucapnya.

Lebih lanjut Yudi berharap kegiatan workshop ini  mampu meningkatkan pemahaman terhadap metodologi proses bisnis dan dapat dikembangkan melalui penelitian-penelitian. Selain itu Fakultas Ekonomi dan Bisnis perlu melakukan update pendekatan terkini untuk menemukan metode/cara yang lebih fleksibel, salah satunya merilis pusat studi inovasi bisnis sebagai pusat studi yang melengkapinya dan S1 Bisnis Digital sebagai cara kami untuk menjawab tantangan.

“Semoga apa yang di-share oleh pembicara di acara hari ini dapat meningkatkan pemahaman tentang metodologi proses bisnis. Saya merasa sangat terhormat untuk berada disini dan  berterimakasih kepada pembicara yang berkenan hadir disini, serta asisten pengajar dan para mahasiswa yang hadir” ungkapnya.

Kegiatan workshop ini akan dilaksanakan hingga tanggal 7 November 2018, diakhiri dengan Kuliah Umum untuk mahasiswa FEB dan umum oleh Kaboel Karso (Agile Expert, Netherlands) bertempat di Gedung LEAD FEB Unpad, Jatinangor.

 

Laporan : Dani Wahdani/lws