Lima Mahasiswa FEB Unpad Selesaikan Program Double Degree di SCBS, Troyes, Perancis

Universitas Padjadjaran mengirimkan lima mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai peserta Program Double Degree (DDP) tahun 2018 lalu. Kelima mahasiswa tersebut melaksanakan pendidikan double degree di South Champagne Business Schoool (SCBS), sebelumnya dikenal sebagai Groupe ESC di Troyes, Perancis.

Selama dua semester, Amirah Shalihah (Program Studi Akuntansi), Clara Febriany (Program Studi Akuntansi), Larasati Puspa (Program Studi Akuntansi), Dinandra Arhisy (Program Studi Ilmu Ekonomi), dan Muhamad Fadillah (Program Studi Ilmu Ekonomi) menempuh pendidikan untuk mendapatkan gelar ganda yaitu Bachelor of Business Administration (BBA).

Mereka mengambil pendidikan program double degree agar mereka mempunyai dua gelar sekaligus, baik gelar dari Unpad dan juga mendapat gelar dari luar Unpad yaitu dari SCBS Troyes, Perancis.

Program double degree dengan SCBS merupakan hasil kerjasama Office of International Affairs (OIA) FEB Unpad sejak tahun 2011. Selain South Champagne Business School (SCBS), beberapa mahasiswa juga menjalani program double degree di beberapa universitas lain seperti Northampton University, University of Canterburry dan Northern Illinois University.

Para mahasiswa tersebut menilai bahwa proses pembelajaran yang dijalani di Perancis memberikan banyak value added bagi meraka, seperti cara belajar yang lebih membutuhkan conceptual, critical dan analytical thinking, serta lingkungan belajar yang lebih fokus terhadap project dibanding teori.

Kedepannya, mereka berharap akan lebih banyak mahasiswa baru yang mengikuti program double degree maupun student exchange mengingat pembelajaran dan pengalaman yang akan diperoleh sangatlah baik dan bermanfaat.

Setiap tahunnya, OIA FEB Unpad juga memfasilitasi puluhan mahasiswa internasional yang berasal dari berbagai negara, antara lain Jerman, Belanda, Rusia, Inggris, Meksiko, Cina, Taiwan, Vietnam, Spanyol, Turki, Maroko, Finlandia, Korea Selatan dan India  untuk mengikuti program double degree ataupun student exchange di FEB Unpad. Mereka meyakini bahwa program ini dapat menambah international exposure yang membentuk global mindset dan cross cultural intelligence pada diri mereka.

 

Laporan: Sandi/dw/lws

Foto : OIA FEB Unpad