Kaji Pengembangan SDM dan Hasil Penelitian, FEB UNPAD Jalin Kerjasama dengan PT. Pupuk Indonesia Energi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran menjalin kerjasama dengan PT Pupuk Indonesia Energi dalam Program Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian  Masyarakat. Penandatanganan Nota Kesepahaman itu diselenggarakan di The 101 Hotel  Jl. Ir. H. Juanda No.5 Bandung, Selasa (30/7).

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Yudi Azis, S.Si.,S.E.,S.Sos.,M.T.,Ph.D dan Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Energi  Drs. Tentaminarto Tri Februartono., Ak  menandatangani Nota Kesepahaman bertempat di The 101 Hotel  Jl. Ir. H. Juanda No.5 Bandung, Selasa (30/7).

Penandatangan dilakukan oleh Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Energi  Drs. Tentaminarto Tri Februartono., Ak  dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Yudi Azis, S.Si.,S.E.,S.Sos.,M.T.,Ph.D mewakili Plt Rektor Universitas Padjadjaran. Selain itu, hadir pula ikut menyaksikan penandatangan itu antara lain Ir. Kuntari Laksmitadewi Wahyuningdyah.,M.Eng.SC selaku Direktur Operasi PT Pupuk Indonesia Energi , dan Yudi Faisal Ph.D dari Pusat Studi Manajemen.

Ruang lingkup kerjasama keduanya meliputi kajian pengembangan bisnis, penugasan tenaga ahli, penelitian dan pengembangan teknologi baru, pemanfaatan dan penerapan hasil-hasil penelitian yang telah ada, Bantuan Teknis, Pendidikan dan Pelatihan (workshop, kunjungan, kuliah umum, magang dosen dan mahasiswa) serta Job Recruitment.

Dalam sambutannya, Yudi Azis mengatakan potensi unpad untuk melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga strategis khususnya di bidang energi sangat besar sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam wujud untuk pengembangan bisnis, penelitian, pelatihan hingga job recruitment.

“ Saya mewakili pihak rektorat, karena bu Rina (Prof. Dr. Rina Indiastuti, SE., MSIE –red) selaku Plt Rektor tidak memungkinkan hadir, mengapresiasi kerjasama yang startegis ini sesuai dengan tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi antara lain pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat” ungkapnya.

Lebih lanjut Yudi mengharapkan dengan kerjasama ini membawa dampak positif bagi kemajuan keduanya, terutama peningkatan di sektor sumber daya manusianya.

“ Saya harapkan kerjasama ini bisa meningkatkan kualitas SDM keduanya, dan dapat memperkuat kerjasama sebelumnya” pungkasnya

Sementara itu, Tentaminarto mengungkapkan di tahun ke 5 PT Pupuk Indonesia Energi saat ini menuntut kebutuhan banyak hal terutama peningkatan SDM dan Pengembangan bisnis, ini jadi latarbelakang kerjasama ini diadakan.

“Sebentar lagi 18 Agustus kami genap 5 tahun, banyak perkembangan yang positif, namun tuntutan pun semakin besar oleh karenanya kami menggandeng Unpad melakukan kerjasama di bidang Pendidikan dan Penelitian”Ungkapnya.

Kegiatan penandatangan tersebut ditutup dengan saling menyerahkan cinderamata  dan ramah tamah.

Laporan : Dani Wahdani, Nani Sumarni /lws

Foto: Dani Wahdani