Prodi Maksi dan Pusdi Inovasi Digital FEB Unpad Gelar Workshop Analisis Kualitatif MAXQDA

Program Studi Magister Akuntansi dan Pusat Studi Inovasi Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran menggelar Workshop dengan tema “Mengenal Systematic Literature Review menggunakan metode MAXQDA” . Kegiatan itu berlangsung di Aula Magister Manajemen Jl. Dipatiukur 46 Bandung, Jum’at (6/12).

Suasana sesi foto bersama peserta workshop “Mengenal Systematic Literature Review menggunakan metode MAXQDA” yang berlangsung di Aula Magister Manajemen Jl. Dipatiukur 46 Bandung, Jum’at (6/12).

Workshop MAXQDA itu menghadirkan nara sumber antara lain Adhi Alfian, SE., M.Ak (Dosen FEB unpad) dan Vecco Suryahadi Saputro, SE (Associate Trainer of DIGITS Unpad). Kegiatan itu dihadiri oleh sekira 50 orang peserta dan dibuka secara resmi oleh Ketua Program Magister Akuntansi FEB Unpad Dr. Tettet Fitrijanti, SE. MSi. Ak.

Dalam sambutannya, Tettet mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan workshop itu karena berhasil menghadirkan banyak peserta terutama dari mahasiswa dan dosen.

“Saya sangat bahagia, tidak disangka jumlah peserta membludak, sampai-sampai pindah tempat kegiatan ke aula ini. Saya apresiasi kerja seluruh panitia “ungkapnya.

Lebih lanjut Tettet menambahkan pentingnya mengenal metode baru kajian literature review menggunakan MAXQDA untuk membantu mahasiswa dan dosen meningkatkan kualitas karya imiahnya.

“ Saya kira kajian ini, kajian literature review sangat penting dalam peningkatan  kualitas karya ilmiah, mari kita bersama-sama belajar dan berlatih dari dua narasumber yang hadir”pungkasnya.

Sementara itu Kepala Pusat Studi Inovasi Digital Dr. Hamzah Ritchi, Ak, CA mengatakan acara ini merupakan sebuah inisiatif kolaborasi antara Pusat Studi Inovasi Digital dengan Program Magister Akuntansi FEB Unpad. Kolaborasi ini rencananya menghadirkan Seminar Series, dan workshop Systematic Literature Review ini adalah yang perdana dilaksanakan.

“Acara ini adalah inisiatif kami dari Pusdi DIGITS dan Maksi untuk berkolaborasi dalam bentuk seminar series sehingga kedepannya bisa bermanfaat bagi civitas, SLR ini yang perdana” ujarnya.

Workshop tersebut dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama menghadirkan nara sumber Adhi Alfian, SE., M.Ak, . Para peserta diberikan pengetahuan tentang Systematic Literature Review (SLR). Adhi menjelaskan tentang Systematic Literature Review dapat membantu para peneliti untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan penelitian yang luas atau sempit cakupannya dan mengidentifikasi serta mensintesis studi-studi yang secara langsung berhubungan untuk pertanyaan tinjauan sistematis.

Pada sesi kedua menghadirkan nara sumber Vecco Suryahadi Saputro, SE . Peserta diberikan tutorial langkah demi langkah dalam mengoperasikan MAXQDA sehingga pada akhir sesi ini, peserta dapat menerapkan analisis kualitatif menggunakan MAXQDA .

Laporan oleh Dani Wahdani, Dadang Supriatna

Foto oleh Dani Wahdani, Dadang Supriatna