FEB Unpad Gelar Webinar Pemasaran Digital UMKM di Jawa Barat

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran berkolaborasi dengan The Local Enablers (TLE) dan Griya Busana Fesmus kembali menggelar seminar daring kedua Program Inkubasi Bisnis UMKM Perempuan Jawa Barat 2020, Selasa (14/7).

feb semnas umkm

Suasana Pertemuan Online Seminar Kedua Program Inkubasi UMKM Perempuan Jawa Barat 2020 mengenai Kualitas Hubungan Pelanggan dan Saluran Pemasaran Digital, Selasa (14/7).

Seminar bertema “Kualitas Hubungan Pelanggan dan Saluran Pemasaran Digital” ini merupakan tindak lanjut dari Program Inkubasi Bisnis UMKM khusus perempuan yang digagas FEB Unpad-TLE-Fesmus, 30 Juni lalu. Sebanyak 50 peserta terpilih mengikuti seminar daring. Peserta terdiri dari para pelaku usaha perempuan se-Jawa Barat.

Narasumber dari seminar daring ini berasal dari sejumlah pelaku usaha, yaitu Mohammad Zul Karami dan Muhammad Nur Rijaldi. Dalam paparannya, Zul Karami menyampaikan, pelaku usaha penting memperhatikan emosi seperti apa yang ingin ditimbulkan pada target konsumen.

“Ketika menyadari hal tersbut tentu kita akan memiliki perhatian lebih dan mampu memfokuskan energi kita untuk menentukan langkah-langkah teknis yang sifatnya fundamental dan mampu menyentuh sisi emosional target konsumen kita,” ujarnya.

Sementara Nur Rijaldi menekankan bahwa terserapnya produk di pasar bukan hanya ditentukan oleh faktor harga semata. “Seberapa mahal apapun produk kita pasti ada peluang market target konsumen yang bisa dijangkau tergantung pada value proposition yang kita tawarkan serta cara kita menyampaikannya dan menentukan saluran pemasaran yang tepat sesuai dengan preferensi target konsumen kita,” jelasnya.

Sumber : Rilis/ Dani Wahdani